Sabtu, 27 Februari 2010

SISTEM DALAM NEGARA BAGIAN

Para ilmuan hubungan internasional melihat dunia sebagai satu system negara – negara yang saling berhubungan menurut satu set aturan panjang dan dirumuskan dengan baik.
Contoh: menurut tradisi dari system antar negara bagian, satu bangsa mestinya tidak melanggar atau turut campur tangan atas wilayah yang sah dari bangsa lain dalam perkumpulan. Banyak dari aturan ini disusun (UU) damai dalam Westphalia yang mana mengakhiri tiga puluh tahun peperangan.

Ketiadaan suatu otoritas pusat menjadi karakteristik paling utama dari system antar negara bagian. Salah satu aturan paling utama dari suatu system antar negara bagian antara lain: negara – negara itu perlu menghormati batasan – batasan satu sama lain dikenali secara internasional.

A. Keanggotaan Di Dalam Sistem Antar Negara Bagian
Suatu bangsa dipertimbangkan untuk menjadi anggota, menyangkut system internasional jika negara – negara lain mengenal penguasa pemerintahannya. Suatu bangsa dapat juga dikenal dengan menjadi anggota UN.

B. Pengembangan Sistem Antar Negara Bagian
Sebelum pengembangan system antar negara moderen, orang – orang terorganisir kedalam unit politik overlap seperti kota negara, kerajaan, dan feudal fiefs. System negara bagian yang moderen sudah ada sejak 1500 tahun yang lalu yaitu Prancis dan Austria muncul menjadi negara – negara kuat. Saat ini basis yang sah tentang undang – undang untuk aplikasi yang unifersal tentang prinsip ini menjadi piagam dari UN yang mengadopsi 1945 dengan tegas mengenali prinsip pusat dari system antar negara bagian.

C. Struktur Hubungan
Sepanjang sejarah dari nbagian hubungan antar negara telah tersusun dalam berbagai jalan tergantung bagaimana kuasa dibagi – bagikan antar negara seperti: kuasa mungkin dipusatkan pada satu atau dua negara yang kemudian menetapkan dan menyelenggarakan aturan untuk negara lain.
Dominasi oleh satu negara disebut Hegemony. Contoh: hegemoni yang histories meliputi Britania Raya setelah 1815 dan Amerika Serikat setelah tahun 1945 ketika negara – negara ini yang paling kuat didunia mendominasi hubungan militer dan perdagangan.

D. Masa Depan Sistem Antar Negara Bagian
Bangsa adalah otoritas kemutlakan diatas material internal yang sedang di gangsir. Telefisi, mas media, telepon dan internet sedang menghapus batasan –batasan antar negara – negara, pencampuran budaya dan perkembangan trans nasional.

Mis Kudus Komunikasi adalah juga menarik perhatian diseluruhdunia kedalam isu domestic masa lalu yang tidak begitu penting bagi negara lain, seperti hak asasi manusia, status perempuan, praktek lingkungan dan demokratis. Beberapa negara lain sedang terintegrasi kedalam etitis untuk menjadi lebih besar, seperti persrikatan di Eropa, orang lain sedang membagi – bagi kedalam unit yang lebih kecil seperti halnya Uni Soviet.
Perubahan ini sudah menuju suatu debat antar para ahli tentang apakah system negara bagian akan lebih bertahan dalam membentuk atau meningkatkan system lain dan akan bertahan sebab negara bagian mempunyai kekuatan militer dan kekuatan militer masih menentukan apa yang terjadi didunia dan akan tatap.

Tidak ada komentar: