Sabtu, 27 Februari 2010

AKTOR DALAM HUBUNGAN INTERNASIONAL

Peserta hubungan internasional sering menghubungi para actor yang mempunyai pengaru pada hubungan antara negara – negara, para pemimpin, substrate para actor (organisasi atau kelompok didalam suatu bangsa),trans nasional (organisasi yang beroperasi lebih dari satu negara) dan organisasi internasional.

A. Negara – negara
Negara – negara mempunyai peran paling penting dalam hubungan internasional.
Suatu bangsa adalah suatu wilayah dengan suatu perbatasan yang jelas dan pemerintah. Semua atau sebagian populasi sering berdasar pada suatu kombinasi tentang jalur keluarga umum, bahasa dan kultur. Di tahun 1997 ada 186 negara yang dikenal didunia serta kesatuan politis tentang negara – negara meliputi wilayah yang berfungsi dengan bebas seperti Taiwan yang secara resmi dipertimbangkan suatu propinsi negeri China, jajahan seperti Mantinique dan negara – negara yang waktu itu belum dikenal seperti Palestina, juga tercakup didalamnya adalah Vatican Kota besar yang tidak terkait dengan kategori manapun.

Negara – negara kuat kebanyakan menguasai dunia militer dan kakuatan ekonomi menyebut adikuasa.
Negara adikuasa meliptu : Amerika Serikat, Britania Raya, Rusia yang tadinya Uni Soviet, Prancis,Negeri China, Jerman dan Jepang. Adi kuasa ini menjadi actor utama dalam hubungan internasional.

B. Para pemimpin Negara
Puncak pimpinan adalah orang yang mempunyai otoritas atau kuasa politis utama dalam negeri, seperti : Pimpinan puncak pada Britania Raya menjadi Perdana mentri yaitu kepala pemerintah dan mempunyai kuasa paling politis,walaupun Raja atau Ratu sebagai kepala.Pucuk pimpinan di USA adalah Presiden.

C. Substrate Para Aktor
Ada indifidu dan kelompok lain yang mempengaruhihubungan internasional, seperti : serikat buruh, kota besar dan daerah. Kelompok ini dapat mempengaruhi suatu kebijakan asing bangsa didalam beberapa jalan, seperti lobi para pimpinan politis,mendermakan uang kepesta atau calon politis, atau pendapat umum menyangkut isu tertentu.

D. Transnasional Para Aktor
Trans nasional adalah organisasi yang beroperasi lebih dari suatu negara, sering mempunyai minat spesifik dalam terbitan nasional.
Transnasional para actor meliputi :
1. Nongovernmental Organisasi (NGOS),seperti kedudukan ditrencanakan seperti orang tua dan Gereja Katolik Roma yang mana mempromosikan minat mereka keseberang internasional.
2. Organisasi antar Pemerintah (IGOS) yaitu kelompok yang anggotanya adalah pemerintah nasional.
Contoh: Perserikatan uni Eropa, satelit yang Irates gabungan

E. Pengaruh Efaluasi Para Aktor
Ada tiga analisa ilmuan hubungan internasional :
1. para actor individu
2. pengaruh domestic
3. pengaruh negara bagian
4. pengaruh global

Tidak ada komentar: